CONTOH SURAT RESMI YANG BAIK DAN BENAR

Contoh Surat Resmi - Surat resmi adalah surat yang di buat dan di kirim secara formal, dan biasanya surat resmi di gunakan oleh sekolah, dinas pendidikan maupun perusahaan baik dalam bentuk undangan maupun pemberitahuan atau memberikan informasi kepada pihak lain, dan sesuai dengan namanya, surat resmi ini memiliki ke absahan yang bisa di pertanggungjawabkan secara hukum.

Di era zaman yang serba cepat dan modern ini sebenarnya penggunaan surat menyurat sudah jarang di gunakan, dan bisa di bilang sudah hampir tergantikan oleh pesan singkat, namun tidak dengan surat resmi yang memang harus bersifat formal seperti kegiatan sekolah, undangan rapat perusahaan, undangan dinas pendidikan dll sehingga jika surat resmi ini di buat kemudian di kirim dalam bentuk pesan singkat maka tentu saja akan memiliki kesan yang kurang sopan.

Mengenai bahasa yang di gunakan tentu saja surat resmi harus menggunakan bahasa yang baik dan benar, bahasa indonesia yang baku, dan tentu saja harus sopan, namun jika berbicara mengenai bentuk surat resmi maka ada bagian bagian yang memang harus ada di dalam surat resmi, dan bagian bagian tersebut adalah

  1. Menggunakan Kop Surat
  2. Tanggal Surat
  3. Alamat Tujuan
  4. Memiliki Nomor Pengarsipan
  5. Hal (Pemberitahuan mengenai isi surat)
  6. Di tanda tangani (di stempel) oleh Instansi/ Perusahaan

Beberapa bagian yang harus ada seperti yang saya tulis di atas juga merupakan ciri ciri surat resmi, artinya surat resmi harus memiliki bagian bagian tersebut.

CONTOH SURAT RESMI YANG BAIK DAN BENAR

Berikut ini adalah beberapa contoh surat resmi yang benar serta bisa anda jadikan bahan referensi jika ingin membuat surat resmi

Contoh Surat Resmi Undangan Rapat

Singaraja, 31 Januari 2017

No : 05/STFDR/VI/2017
Perihal : Undangan Rapat
Lamp : -

Kepada Yth.
Bapak Batman
di
Angkasa Raya

Assalamualaikum Wr.Wb,

Segala puja dan puji hanyalah milik Allah, yang selalau memberi rahmat dan taufiknya kepada kita, shalawat dan salam selalau tercurah kepada junjungan kita semua, pemimpin umat Nabiyullah Muhammad Saw, keluarga, para sahabatnya, dan seluruh umat-Nya sampai akhir zaman.

Sehubungan dengan telah habisnya masa jabatan Ketua Pengurus Yayasan Al Karomah tanggal 01 Januari 2017, dengan itu secara otomatis harus ada pemilihan ketua Pengurus Yayasan Al Baqy yang baru untuk periode 2017-2023 .

Mengingat hal tersebut bersifat penting, kami mengundang bapak/ibu/saudara/i, bisa menghadiri rapat Pemilihan Ketua Yayasan 2017-2023 yang insya Allah akan diselenggarakan pada :

Hari / tanggal   : Kamis, 2 Februari 2017
Pukul               : 10.00 WIB
Tempat            : Ruangan Serbaguna  (Yayasan Al Karomah)

Agenda Rapat :
1.  Pembahasan laporan kerja Pengurus Yayasan Al Karomah Tahun 2012-2017
2.  Penyusunan Program kerja periode 2017-2022
3.  Pembentukan panitia kerja periode 2017-2022
4.  Pembahasan masalah lain-lain.
5.  Penutup.
6.  Ramah Tamah

Atas perhatian dan kehadiran Saudara kami mengucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Sekretaris


(Laila Noer)
Contoh Surat Resmi Pemberitahuan

PEMERINTAH KOTA SINGARAJA
DINAS PENDIDIKAN
MTsN PATAS

Jl. Seririt-Gilimanuk
Nomor             : 421.2/768/SMAN9/VI/2017
Lampiran         : -
Hal                   : Pemberitahuan Kegiatan
Perkemahan dan Pelantikan
Ekstrakulikuler (KPPE).

KepadaYth.
Bapak/Ibu Orang Tua/Wali Murid
Kelas VII
di -
Tempat

Dengan Hormat,
Dalam rangka pelaksanaan salah satu program kerja bidang kesiswaan MTsN Patas tahun ajaran 2016/2017 tentang Misi Meningkatkan kecerdasan Emosianal/character Building serta melatih intergritas karakter pribadi siswa/siswi yang berkualitas, maka kami akan mengadakan kegiatan perkemahan dan pelantikan ekstrakulikuler(KPPE) yang akan dilaksanakan pada :

Hari             : Rabu - Kamis
Tanggal       : 08-09 Februari 2017
Waktu          : 06.00 s.d Selesai
Tempat        : Halaman Sekolah MTsN Patas

Demikian pemberitahuan ini kami sampaikan, agar terlaksananya kegiatan tersebut kami mebutuhkan kerjasamanya berupa bantuan biaya sebesar Rp 250.000,- Pembayaran bisa di lakukan mulai hari ini dan paling lambat tanggal 02 Februari 2017.

Atas Perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih.

MTsN Patas

Kepala Sekolah MTsN Patas
Cristian Ronaldo


(Tanda Tangan)

Ketua Panitia
Leonal Messi


(Tanda Tangan)
Selain contoh surat resmi di atas, beberapa surat yang juga merupakan surat resmi yang mungkin belum anda ketahui seperti surat lamaran kerja dan surat izin tidak masuk sekolah juga memiliki cara penulisan seperti contoh surat resmi di atas dimana harus ada bagian bagian penting yang wajib di isi.

Sementara ini saja yang bisa saya tulis pada artikel kali ini berkaitan dengan contoh surat resmi. Semoga artikel CONTOH SURAT RESMI YANG BAIK DAN BENAR ini bermanfaat serta mampu menjadi referensi bagi anda yang ingin membuat surat resmi. Terimakasih sudah berkunjung di blog Firdi12 dan salam sukses.

Masukkan Email Untuk Update Artikel Terbaru:

0 Response to "CONTOH SURAT RESMI YANG BAIK DAN BENAR"

Posting Komentar